ـ֓҉ऺـ༻❁༻​  ﷽   ༺❁​༺ـ֓҉ऺـ​

*25 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan dari Imam Ja’far Shodiq ra.*

1- ﻃﻠﺒﺖُ ﺍﻟﺠﻨﺔ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺨﺎﺀ

“Aku mencari surga, maka aku temukan pada kedermawanan”.

2- ﻭ ﻃﻠﺒﺖُ ﺍﻟﻌﺎﻓﻴﺔ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺰﻟﺔ

“Aku mencari Afiyah (keselamatan dari bencana dan kesulitan) maka aku temukan dalam menyendiri (mengisolasi diri dari keramaian yang tak berguna)”.

3- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺛﻘﻞ ﺍﻟﻤﻴﺰﺍﻥ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺷﻬﺎﺩﺓ ‏« ﺍﻥ ﻻ ﺍﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭ ﻣﺤﻤﺪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ

“Aku mencari beratnya timbangan amal, maka aku dapatkan dalam bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya”.

4- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﺴﺮﻋﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﺍﻟﻲ ﺍﻟﺠﻨﺔ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ

“Aku mencari kesegeraan dalam memasuki surga, maka aku dapatkan pada amal kebajikan semata demi Allah SWT”.

5- ﻭ ﻃﻠﺒﺖُ ﺣﺐ ﺍﻟﻤﻮﺕ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺗﻘﺪﻳﻢ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﻟﻮﺟﻪ ﺍﻟﻠﻪ

“Aku mencari cinta pada kematian, maka aku mendapatkan pada mengajukan (mengirim pahala sedekah) harta demi mengharap ridha Allah SWT”.

6- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺣﻼﻭﺓ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻤﻌﺼﻴﺔ

“Aku mencari manisnya ibadah, maka aku temukan dalam meninggalkan maksiat”.

7- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺭﻗﺔ ﺍﻟﻘﻠﺐ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻮﻉ ﻭ ﺍﻟﻌﻄﺶ

“Aku mencari kelembutan hati, maka aku dapatkan dalam rasa lapar dan dahaga”.

8- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﻧﻮﺭ ﺍﻟﻘﻠﺐ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻔﻜﺮ ﻭ ﺍﻟﺒﻜﺎﺀ

“Aku mencari cahaya hati, maka aku temukan dalam pikiran”.

9- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﺠﻮﺍﺯ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﺼﺮﺍﻁ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺪﻗﺔ

“Aku mencari restu untuk melewati jembatan pemeriksaan (shirat), maka aku temukan dalam sedekah”.

10- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﻧﻮﺭ ﺍﻟﻮﺟﻪ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻠﻴﻞ

“Aku mencari cahaya wajah, maka aku dapatkan dalam shalat malam”.

11- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﻓﻀﻞ ﺍﻟﺠﻬﺎﺩ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺴﺐ ﺍﻟﺢﻻﻝ ﻟﻠﻌﻴﺎﻝ

“Aku cari keutamaan jihad maka aku dapatkan dalam mencari rizki yang halal untuk keluarga”.

12- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺣﺐ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰﻭﺟﻞ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺑﻐﺾ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻤﻌﺎﺻﻲ

“Aku cari kecintaan Allah maka aku dapatkan dalam membenci pelaku maksiat“.

13- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﺮﺋﺎﺳﺔ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺼﻴﺤﺔ ﻟﻌﺒﺎﺩﺍﻟﻠﻪ

“Aku cari kepemimpinan maka aku dapatkan dalam tulus menasihati hamba-hamba Allah“.

14- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﻓﺮﺍﻍ ﺍﻟﻘﻠﺐ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﻗﻠﺔ ﺍﻟﻤﺎﻝ

“Aku cari ketenangan hati maka aku dapatkan dalam sedikitnya harta”.

15- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﻋﺰﺍﺋﻢ ﺍﻻﻣﻮﺭ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺒﺮ

“Aku mencari perkara-perkara yang teguh maka aku dapatkan dalam kesabaran”.

16- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﺸﺮﻑ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻠﻢ

“Aku mencari kemuliaan maka aku dapatkan dalam ilmu”.

17- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺭﻉ

“Aku mencari ibadah maka aku dapatkan dalam Wara’ (kehati-hatian dalam agama)”.

18- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﺮﺍﺣﺔ، ﻓﻮﺟﻮﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺰﻫﺪ

“Aku mencari ketentraman maka aku dapatkan dalam kezuhudan”.

19- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﺮﻓﻌﺔ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻮﺍﺿﻊ

“Aku mencari ketinggian maka aku temukan dalam kerendahan hati”.

20- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﻌﺰ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺪﻕ

“Aku mencari kejayaan maka aku temukan dalam kejujuran”.

21- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﺬﻟﺔ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻮﻡ

“Aku mencari kerendahan/keterhinaan maka aku dapatkan dalam berpuasa”.

22- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻟﻐﻨﻲ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﻨﺎﻋﺔ

“Aku mencari kekayaan maka aku dapatkan dalam Qana’ah (kepuasaan dengan apa yang telah Allah anugerahkan)”.

23- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺍﻻﻧﺲ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻘﺮﺀﺍﻥ

“Aku mencari ketentraman maka aku dapatkan dalam membaca Al Qur’an”.

24- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺻﺤﺒﺔ ﺍﻟﻨﺎﺱ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻬﺎ ﻓﻲ ﺣﺴﻦ ﺍﻟﺨﻠﻖ

“Aku mencari persahabat dengan manusia maka aku dapatkan dalam keindahan budi pekerti”.

25- ﻭ ﻃﻠﺒﺖ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ، ﻓﻮﺟﺪﺗﻪ ﻓﻲ ﺑﺮﺍﻟﻮﺍﻟﺪﻳﻦ

“Aku mencari keridhaan Allah maka aku dapatkan dalam berbakti kepada kedua orang tua”.

Mustadrak al Wasail; Syeikh an Nuri ath Thabarsi,15/174-174

Official resmi Pesantren Darul Musthofa Assayaniyah

Follow instagram : @darul_musthofa_assayaniyah

Follow telegram : http://t.me/Darulmusthofaassayaniyah

Blog :
Www.Darulmusthofaassayaniyah.blogspot.com

#akhlak #budipekerti #motivasi #inspirasi #spiritual #qolbu #hati #heart #cinta #love #jiwa #ruhani #psikologi #pikiran #mind #inspiration #motivation #soul #batin #seni #katamutiara #quotation #hijrah #ihsan #majelis #pesantren

Comments

Popular posts from this blog