ـ֓҉ऺـ༻❁༻​  ﷽   ༺❁​༺ـ֓҉ऺـ​

*Pengertian Najis*

Najis adalah sesuatu yang dapat menghalangi keabsasan sesuatu perbuatan. Dapat mempengaruhi ibadah hingga akad muamalah seseorang. Contoh mempengaruhi ibadah adalah tidak sah shalat seseorang yang dibadannya, atau pakaiannya atau tempat shalatnya ada najis. Suci dari najis menjadi syarat sah dalam banyak ibadah. Seperti ibadah shalat, thawaf, wudhu, tayammum, mandi janabah, dan lainnnya, ketika najis ada di media bersuci.

Contoh najis mempengaruhi ibadah muamalah adalah batal atau rusaknya akad jual beli benda najis. Ketika ada seseorang menjual benda najis. Menjadi syarat sahnya jual beli, objek akad atau barang yang dijual adalah bukan barang najis.

Dalam Majma’ Al-Lughah Al-Arabiyah Bi Al-Qahirah, Mu’jam AlWashith, jilid 02 hal. 903 dijelaskan bahwa Najis dalam bahasa Arab disebut dengan annajasah (سة َجاَالن) yang bermakna al-Qadzarah (ة َ ار َ ذ َ ,(الق yaitu kotoran. )تنجس( ء شي ال صار نجسا وتلطخ بالقذر Suatu benda yang terkena najis maka dia menjadi najis dan menjadi kotor.

Adapun definisi najis menurut para ulama fiqih adalah sebegai berikut:

a. Madzhab Asy-Syafi’iyah

 مستقذر يمنع صحة الصالة حيث ل مرخص

Sesuatu yang dianggap kotor, yang menghalangi sahnya shalat, dimana dia tidak bisa ditoleransi. (Asy-Syarbini Al-Khatib, Al-‘Iqna’, jilid 01 hal. 122)

b. Madzhab Al-Malikiyah

 صفة حكمية توجب لموصوفها منع استباحة الصالة به أو فيه

Sifat hukum yang mengharuskan sesuatu yang disifatinya terhalang dari bolehnya shalat karena terkena dia atau ada dia. (Ad-Dardir, Asy-Syarhu Al-Kabir, jilid 01 hal. 32 )

Dari definisi-definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa, yang dimaksudkan najis oleh para ulama adalah sesuatu yang keberadaannya dapat menghalangi sahnya shalat. Dengan demikian, shalat dianggap sah jika tempat, pakaian dan orang yang melaksankannya terbebas atau suci dari najis.

Official resmi Pesantren Darul Musthofa Assayaniyah

Follow instagram : @darul_musthofa_assayaniyah

Follow telegram : http://t.me/Darulmusthofaassayaniyah

Blog :
Www.Darulmusthofaassayaniyah.blogspot.com

#akhlak #budipekerti #motivasi #inspirasi #spiritual #qolbu #hati #heart #cinta #love #jiwa #ruhani #psikologi #pikiran #mind #inspiration #motivation #soul #batin #seni #katamutiara #quotation #hijrah #ihsan #majelis #pesantren

Comments

Popular posts from this blog