ـ֓҉ऺـ༻❁༻​  ﷽   ༺❁​༺ـ֓҉ऺـ​

*Akhlaq Rasulullah SAW Dan Sayyidina Abu bakar Ash shidiq ra. (1)*

Segala Puji bagi Allah SWT yang menghadirkan kita pada majlis ilmu dan majlis zikir ini. Di mesjid yang penuh berkah ini, yang berdekatan dengan makam Al Imam Sayyidina Habib Abdullah bin Mukhsin Al-Aththas. Dan hadir bersama kalian para ulama, Munshib dan tokoh-tokoh masyarakat. Ketahuilah semua ini adalah bantuan dari Allah SWT dan perhatian dari Allah SWT dan kedermawanan dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadistnya, “Tidaklah datang seorang muslim ke dalam mesjid tidak ada tujuan lain kecuali untuk menuntut ilmu, maka Allah mencatat amalan itu seperti ia melangkah dan beribadah haji sempurna dari Allah SWT.”

Setiap yang niatnya baik dari kalian yang sungguh-sungguh, niat untuk untuk hadir ke majlis ini tidak ada tujuan lain untuk mencari ilmu dan mendekatkan diri kepada Allah SWT ketahuilah bahwasanya kalian akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Arti daripada tujuan kalian, niat kalian yang sholehah untuk datang ke majlis ini, adalah apabila kalian hadir di majlis ini, kalian berkeinginan dan punya kemauan untuk mengamalkan ilmu yang kalian dapatkan, untuk nanti kalian bawa pulang ke rumah kalian masing-masing.

Telah diriwayatkan oleh Imam At-Turmudzi di dalam sunan-nya (kitab Hadist), bahwasanya Beliau Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa seseorang keluar daripada rumahnya, dengan bertujuan untuk mencari ilmu maka dia dicatat oleh Allah SWT jalan atau keluar fisabilillah.”

Maka ulama berkata, mengambil kesimpulan daripada hadist ini arti yaitu mujahid fisabilillah, yaitu mendapatkan pahala seperti orang yang berjuang di jalan Allah SWT, dan dilipatgandakan pahalanya, kata para ulama sampai 700 kali lipat.

Setiap langkah kaki saja, barangsiapa keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu, maka di lipatgandakan pahalanya dan mendapatkan 700 kali lipat, begitu pula Setiap Takbir (Allahu Akbar), Tahlil (Laa ilaha ilaallahu), Tahmid (Alhamdulillah) , dan shalawat kepada Nabi SAW begitu pula mendapatkan 700 kali lipat, semua itu bayangkan satu saja mendapat pahala 700 kali lipat.

Apabila ia mengucapkan salam atau berjabatan tangan dengan sesama muslim, maka setiap jabatan tangan atau bersalaman sesama muslim mendapatkan pahala 700 kali lipat pula.

Padahal setiap orang mengucapkan salam, ‘as-Salamu’alaikum’ mendapatkan ganjaran sepuluh dari Allah SWT, apabila ia menambah ‘warrahmatullahi’ maka ia mendapatkan ganjaran dua puluh dari Allah SWT, apabila ia menambahkan ‘wa barakatuh’ maka ia mendapatkan ganjaran tiga puluh dari Allah SWT. Itu bagi umum, apalagi bagi di dalam ‘orang yang keluar untuk mencari ilmu’, ucapan salam-nya setiap satu kali salam apabila ‘as-Salamu’alaikum’ mendapatkan ganjaran sepuluh kali lipat kalikan saja dengan 700 kali lipat, apabila ia menambah ‘warrahmatullahi’ maka ia mendapatkan ganjaran dua puluh di kalikan saja dengan 700 kali lipat, apabila ia menambahkan ‘wa barakatuh’ maka ia mendapatkan ganjaran tiga puluh di kalikan saja dengan 700 kali lipat dari Allah SWT.

Inilah keutamaan dari Allah SWT, karunia yang sangat agung yang diberikan oleh Allah SWT pahala yang besar.

Apabila seseorang datang kedalam majelis ini, ada niat yang lain yaitu untuk menziarahi sesama saudaranya yang muslim maka dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, maka apabila seseorang yang berziarah kepada kawannya saja atau saudaranya muslim itu diiringi atau dikawal didalam perjalanannya oleh 700 malaikat mengawalnya, apabila ia menuntut ilmu keluar dari rumahnya untuk datang ke majelis seperti ini, maka dilipatgandakan oleh Allah SWT lebih banyak lagi para malaikat yang mengawalnya dan hadir dalam mejelis ini.

Inilah berita dari ash-Shadiqul Masduq, orang yang paling jujur dapat dipercaya kata-katanya, yaitu Nabi Muhammad SAW. Paling jujurnya makhluk Allah SWT, secara keseluruhan di muka bumi adalah Nabi Muhammad SAW.

Semoga Allah SWT mengkaruniakan kepada kita semua, yaitu kesempurnaan cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Dan dengan sebaik-baiknya orang yang mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW, dan d

engan sempurna orang yang mencintai ahli bait-keluarganya Nabi Muhammad Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Ceramah Habib Umar bin Hafidz ra. di Masjid an-Nur, Empang, Bogor Kamis Ashar, 7 Januari 2010

Official resmi Pesantren Darul Musthofa Assayaniyah

Follow instagram : @darul_musthofa_assayaniyah

Follow telegram : http://t.me/Darulmusthofaassayaniyah

Blog :
Www.Darulmusthofaassayaniyah.blogspot.com

#akhlak #budipekerti #motivasi #inspirasi #spiritual #qolbu #hati #heart #cinta #love #jiwa #ruhani #psikologi #pikiran #mind #inspiration #motivation #soul #batin #seni #katamutiara #quotation #hijrah #ihsan #majelis #pesantren

Comments

Popular posts from this blog