ـ֓҉ऺـ༻❁༻ ﷽ ༺❁༺ـ֓҉ऺـ
*Indonesia Damai, Meneladani KH. Maemun Zubair (4)*
Nabi pernah mengalami disantet oleh Labib bin A'shom, sampai beliau jatuh sakit, setelah sembuh, beliau dikasih tau oleh malaikat siapa yang menyantetnya. Hebatnya ketika yang nyantet diketahui, Nabi tidak ingin menghukumnya, padahal jenisnya harbi. Alasan Nabi jika beliau menghukum akan terjadi chaos (kekacauan). Sebab itu Imam Bukhori memberi judul “Bab seharusnya meninggalkan kekacauan baik yang menimpa orang islam atau orang kafir”. Kita tahu Imam Bukhori setiap bikin judul adalah ijtihad fiqih yang hebat dan menshalati itu dua roka‟at untuk kesahihan pilihannya.
فإن كيخ / فأكو الدرصةت في إؽ ةٓر البغض الهضر
والإراض وكػؿ الرفق ولإعا حُ ف وٓ يجت ذلم ظتى
يفصى اىفجد ثترك ؟ّ فأك لٔ / لا يدخو ذلم في ؽة رْ
اىفي تحخ التكليف والإيجةب فإ ةُ فُي أن الذي شرب أ الخ رٍ ودفةغ أ اىف أظض في ز ةٌن رش لٔ ا﵀
والصعةثح ةٌ كا أُ ي ضٓرون ثةلكليح ثو كا أُ
لٌِص يٍن في إلى يغيؼ اىل لٔ يي ويؾ رٓ
البغض له، وإلى يفرض ولا يذفرض له، وإلى
ي ؾِر إلح ثفين الرحمح ولا يؤزر الملةغفح والتجةد،
ف ذٓه دكةاق دينيح تخذيف في ةٓ غرق الصةلهين ىػريق
الآخرة ويك نٔ وٍ كل واظد على ةٌ يلذظي ظةله
ووكذ ,ّ و لٌذضى الأظ أل في ذْه الأم رٔ إ ةٌ مهرو حْ
أو دٌِوبح فذه نٔ في ردجح اىفظةاو ولا دنذهي إلى
التعري والإيجةب فإن الداخو تحخ التكليف أصو
المفرفح ﵀ دفةلى وأصو الحت وذلم كد لا يذفدى
- 21 -
المعج بٔ إلى غيره وإ ةٍُ المفذدي إفراط الحت
واشتيلاؤه، وذلم لا يدخو في اىفذ ىٔ وتحخ ؽة رْ
التكليف في ظق أم الخيق أصلا.
- )225/ )إظيةء ي مٔ الدّي نذةب آداب الأىفح والأخ ةٔ 2
Tidak semua sahabat ketika melihat kemunkaran bersikap tegas, keras, dan ekstrim. Ada yang tetap santun, lemah lembut kepada pelaku munkar, tentu berharap mereka lebih baik dan menjadi baik. Guru guru kita punya cara menanamkan kebaikan dari dalam sehingga menjadi shibghoh, bentukan karakter yang menjadikan seseorang mencintai kebenaran dan ingin melakukannya dan membenci kemunkaran dan ingin meninggalkanya dan ingin juga menghentikanya. Inilah yang dimaksud ibarat:
وأ ةٌ التأييد فهأ صة ؿٌ ليكل، و جةرة دل ئح
- 22 -
أمره ثةلبصيرة داخو ودل ئح البػض ومصةدة
الأشجةب خةرج، و المراد ثل لٔه ز وصو / ﴿إذ
أيددم ثروح اىلدس﴾ ودلرب اىفص حٍ، وهي
جةرة ص دٔ إىهي يصجط في البةغ يل ىٔ ث الإنصةن على تحري الخير وتج تِ الشر ظتى يصير
ن ةٍ ؿُ ثةغ غير محص سٔ، وإيةه نى ثل لٔه
دفةلى/﴿وىلد خٍّْ ث و ث ةٓ ل لٔا أن رأى ثر ةْن
رب ﴾ّ ف ذٓه هي لدة ؿٌ الجف ،ً وى دتسجخ إلا ث ةٍ يخ لّٔه
ا﵀ اىف الصةفي الثةكت والص ؿٍ ال أعي واىليت
البصير المذ أطؿ المراعي والمفي الجةصط والمةل الزااد
على ةٌ يلصر الم ةٍٓت ثليذ اىلةصر ةٍ يظغو
الدي ثكثرد واىفز الذي يص شف )145/ الصف آٓء وؽي الأداء )إظيةء ي مٔ الدّي 4
Perilaku manusia, tidak permanen yang sekarang fasik bisa saja taubat sebab itu ada saja orang sholeh yang memilih lunak tapi bukan karena takut tapi karena harapan semoga mereka sholeh. Kita bisa belajar dari Ali imron 128. Faktanya memang banyak yang bertaubat meskipun banyak juga yang tidak.
Kita tahu ciri khas agama ini adalah al furqon pemisah antara haq dan batil, tentu yang tegas sah saja agar umat tidak terjebak kemunkaran, asal yang tegas adalah orang sholeh, pasti ketegasnya terukur sehingga tidak memicu kejadian hal yang lebih buruk. Misalnya ada pemabuk yang jika kita tegur, malahan membunuh, maka jangan menegur, sebab melahirkan maksiat yang lebih besar. Sebaliknya jika ada orang sholeh yang bersikap lemah lembut, tentu tidak karena melegalkan atau mengakui kemunkaran tapi dia pasti punya cara untuk berproses menjadikan sekelilingnya menjadi lebih baik. Berikut ini dua figur besar yang menambah hazanah kita dalam bersikap menghadapi sosial masyarakat yang macam macam.
شفيةن ث يي حِ/ كان يسى ويحي يي ةٍٓ
الصلام يأديةن اىلريح فيصأل يسى، شرار أ يْ ةٓ،
ويصأل يحيى، خيةر أ يْ ةٓ، فلةل له يحيى/ ل دنزل
على شرار الجةس؟ كةل/ إ ةٍُ أ ةُ غجيت أداوي المرضى.
)323/ )ظييح الأولحآء 7
Pesan maknanya adalah, “Nabi Yahya suka berkawan dengan orang orang baik, tentu itu baik sedangkan Nabi Isa memposisikan diri sebagai dokter yang mengobati orang sakit, tentu ini juga baik asal dilakukan orang yang benar dan dengan cara yang benar.”
Official resmi Pesantren Darul Musthofa Assayaniyah
Follow instagram : @darul_musthofa_assayaniyah
Follow telegram : http://t.me/Darulmusthofaassayaniyah
Blog :
Www.Darulmusthofaassayaniyah.blogspot.com
#akhlak #budipekerti #motivasi #inspirasi #spiritual #qolbu #hati #heart #cinta #love #jiwa #ruhani #psikologi #pikiran #mind #inspiration #motivation #soul #batin #seni #katamutiara #quotation #hijrah #ihsan #majelis #pesantren
*Indonesia Damai, Meneladani KH. Maemun Zubair (4)*
Nabi pernah mengalami disantet oleh Labib bin A'shom, sampai beliau jatuh sakit, setelah sembuh, beliau dikasih tau oleh malaikat siapa yang menyantetnya. Hebatnya ketika yang nyantet diketahui, Nabi tidak ingin menghukumnya, padahal jenisnya harbi. Alasan Nabi jika beliau menghukum akan terjadi chaos (kekacauan). Sebab itu Imam Bukhori memberi judul “Bab seharusnya meninggalkan kekacauan baik yang menimpa orang islam atau orang kafir”. Kita tahu Imam Bukhori setiap bikin judul adalah ijtihad fiqih yang hebat dan menshalati itu dua roka‟at untuk kesahihan pilihannya.
فإن كيخ / فأكو الدرصةت في إؽ ةٓر البغض الهضر
والإراض وكػؿ الرفق ولإعا حُ ف وٓ يجت ذلم ظتى
يفصى اىفجد ثترك ؟ّ فأك لٔ / لا يدخو ذلم في ؽة رْ
اىفي تحخ التكليف والإيجةب فإ ةُ فُي أن الذي شرب أ الخ رٍ ودفةغ أ اىف أظض في ز ةٌن رش لٔ ا﵀
والصعةثح ةٌ كا أُ ي ضٓرون ثةلكليح ثو كا أُ
لٌِص يٍن في إلى يغيؼ اىل لٔ يي ويؾ رٓ
البغض له، وإلى يفرض ولا يذفرض له، وإلى
ي ؾِر إلح ثفين الرحمح ولا يؤزر الملةغفح والتجةد،
ف ذٓه دكةاق دينيح تخذيف في ةٓ غرق الصةلهين ىػريق
الآخرة ويك نٔ وٍ كل واظد على ةٌ يلذظي ظةله
ووكذ ,ّ و لٌذضى الأظ أل في ذْه الأم رٔ إ ةٌ مهرو حْ
أو دٌِوبح فذه نٔ في ردجح اىفظةاو ولا دنذهي إلى
التعري والإيجةب فإن الداخو تحخ التكليف أصو
المفرفح ﵀ دفةلى وأصو الحت وذلم كد لا يذفدى
- 21 -
المعج بٔ إلى غيره وإ ةٍُ المفذدي إفراط الحت
واشتيلاؤه، وذلم لا يدخو في اىفذ ىٔ وتحخ ؽة رْ
التكليف في ظق أم الخيق أصلا.
- )225/ )إظيةء ي مٔ الدّي نذةب آداب الأىفح والأخ ةٔ 2
Tidak semua sahabat ketika melihat kemunkaran bersikap tegas, keras, dan ekstrim. Ada yang tetap santun, lemah lembut kepada pelaku munkar, tentu berharap mereka lebih baik dan menjadi baik. Guru guru kita punya cara menanamkan kebaikan dari dalam sehingga menjadi shibghoh, bentukan karakter yang menjadikan seseorang mencintai kebenaran dan ingin melakukannya dan membenci kemunkaran dan ingin meninggalkanya dan ingin juga menghentikanya. Inilah yang dimaksud ibarat:
وأ ةٌ التأييد فهأ صة ؿٌ ليكل، و جةرة دل ئح
- 22 -
أمره ثةلبصيرة داخو ودل ئح البػض ومصةدة
الأشجةب خةرج، و المراد ثل لٔه ز وصو / ﴿إذ
أيددم ثروح اىلدس﴾ ودلرب اىفص حٍ، وهي
جةرة ص دٔ إىهي يصجط في البةغ يل ىٔ ث الإنصةن على تحري الخير وتج تِ الشر ظتى يصير
ن ةٍ ؿُ ثةغ غير محص سٔ، وإيةه نى ثل لٔه
دفةلى/﴿وىلد خٍّْ ث و ث ةٓ ل لٔا أن رأى ثر ةْن
رب ﴾ّ ف ذٓه هي لدة ؿٌ الجف ،ً وى دتسجخ إلا ث ةٍ يخ لّٔه
ا﵀ اىف الصةفي الثةكت والص ؿٍ ال أعي واىليت
البصير المذ أطؿ المراعي والمفي الجةصط والمةل الزااد
على ةٌ يلصر الم ةٍٓت ثليذ اىلةصر ةٍ يظغو
الدي ثكثرد واىفز الذي يص شف )145/ الصف آٓء وؽي الأداء )إظيةء ي مٔ الدّي 4
Perilaku manusia, tidak permanen yang sekarang fasik bisa saja taubat sebab itu ada saja orang sholeh yang memilih lunak tapi bukan karena takut tapi karena harapan semoga mereka sholeh. Kita bisa belajar dari Ali imron 128. Faktanya memang banyak yang bertaubat meskipun banyak juga yang tidak.
Kita tahu ciri khas agama ini adalah al furqon pemisah antara haq dan batil, tentu yang tegas sah saja agar umat tidak terjebak kemunkaran, asal yang tegas adalah orang sholeh, pasti ketegasnya terukur sehingga tidak memicu kejadian hal yang lebih buruk. Misalnya ada pemabuk yang jika kita tegur, malahan membunuh, maka jangan menegur, sebab melahirkan maksiat yang lebih besar. Sebaliknya jika ada orang sholeh yang bersikap lemah lembut, tentu tidak karena melegalkan atau mengakui kemunkaran tapi dia pasti punya cara untuk berproses menjadikan sekelilingnya menjadi lebih baik. Berikut ini dua figur besar yang menambah hazanah kita dalam bersikap menghadapi sosial masyarakat yang macam macam.
شفيةن ث يي حِ/ كان يسى ويحي يي ةٍٓ
الصلام يأديةن اىلريح فيصأل يسى، شرار أ يْ ةٓ،
ويصأل يحيى، خيةر أ يْ ةٓ، فلةل له يحيى/ ل دنزل
على شرار الجةس؟ كةل/ إ ةٍُ أ ةُ غجيت أداوي المرضى.
)323/ )ظييح الأولحآء 7
Pesan maknanya adalah, “Nabi Yahya suka berkawan dengan orang orang baik, tentu itu baik sedangkan Nabi Isa memposisikan diri sebagai dokter yang mengobati orang sakit, tentu ini juga baik asal dilakukan orang yang benar dan dengan cara yang benar.”
Official resmi Pesantren Darul Musthofa Assayaniyah
Follow instagram : @darul_musthofa_assayaniyah
Follow telegram : http://t.me/Darulmusthofaassayaniyah
Blog :
Www.Darulmusthofaassayaniyah.blogspot.com
#akhlak #budipekerti #motivasi #inspirasi #spiritual #qolbu #hati #heart #cinta #love #jiwa #ruhani #psikologi #pikiran #mind #inspiration #motivation #soul #batin #seni #katamutiara #quotation #hijrah #ihsan #majelis #pesantren
Comments
Post a Comment