ـ֓҉ऺـ༻❁༻​  ﷽   ༺❁​༺ـ֓҉ऺـ​

*Keharaman Merubah Lafadz Adzan Dan Iqamah*

Di dalam kitab Tanbihul Ghofilin bab Siddatu Alamil Maut dijumpai kata-kata "Qod Qamatil Qiyamah" yang dipergunakan untuk “Kematian” seseorang.

Akan tetapi bahwa bacaan iqomah "Qod Qomatish Shalah" diganti dengan "Qod Qomatil Qiyamah" maka hukumnya tidak boleh (haram) sebab lafadz iqomah sebagaimana lafadz adzan adalah sudah ditentukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana misalnya adzan subuh, meskipun lafadz "Ruquud" adalah sama artinya dengan lafadz "Nauum" akan tetapi tidak boleh lafadz "Ash Shalatu Khairum Minan Nauum" diganti dengan lafadz "Ash Shalatu Khairum Minar Ruquud".

ﻭَﻳُﻜْﺮَﻩُ ﻓِﻰ ﻏَﻴْﺮِ ﺍﻟﺼُﺒْﺢِ ﻛَﺤَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﻴْﺮِ ﺍﻟﻌَﻤَﻞِ ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ , ﻓَﺈﻥْ ﺟَﻌَﻠَﻪُ ﺑَﺪﻝَ ﺍﻟﺤَﻲَّ ﻋَﻠَﺘَﻴْﻦِ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ ﺃﺫَﺍﻧُﻪُ . ﻗَﻮﻟُﻪُ ‏( ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ ﺃﺫَﺍﻧُﻪُ ‏) ﻭَﺍﻟﻘِﻴَﺎﺱُ ﺣِﻴﻨَﺌِﺬٍ ﺣُﺮْﻣَﺘُﻪُ ﻷَﻧَّﻪُ ﺑﻪِ ﺻَﺎﺭَ ﻣُﺘَﻌَﺎﻃِﻴًﺎ ﻟِﻌِﺒَﺎﺩَﺓٍ ﻓَﺎﺳِﺪَﺓٍ .

Asy Syaikh Asy Syarwaniy rahimahullahu ta'ala berkata :

"Dimakruhkan di selain salat subuh bacaan seperti ‘hayya ala khoiril amal’ secara mutlak, jika menjadikan bacaan tersebut sebagai ganti dari kedua bacaan ‘hayya ala sholah’ dan ‘hayya ala al falah’ maka tidak sah adzannya.

Penjelasan tentang ‘tidak sah adzannya’ dan qiyasnya ketika itu adalah keharamannya, karena dengan itu dia menjadi orang yang melakukan ibadah yang rusak."(Lihat Kitab Hawasay As Syarwani wa Ibni Qosim al Ubaidiy ala Tuhfatu al Muhtaj bi syarhi al Minhaji : Juz. 2 hal. 91)

Official resmi Pesantren Darul Musthofa Assayaniyah

Follow instagram : @darul_musthofa_assayaniyah

Follow telegram : http://t.me/Darulmusthofaassayaniyah

Blog :
Www.Darulmusthofaassayaniyah.blogspot.com

#akhlak #budipekerti #motivasi #inspirasi #spiritual #qolbu #hati #heart #cinta #love #jiwa #ruhani #psikologi #pikiran #mind #inspiration #motivation #soul #batin #seni #katamutiara #quotation #hijrah #ihsan #majelis #pesantren

Comments

Popular posts from this blog