ـ֓҉ऺـ༻❁༻​  ﷽   ༺❁​༺ـ֓҉ऺـ​

*Sakit Ujian Iman*

Salah satu yang pasti harus dihadapi oleh manusia apalagi sebagai mu’min adalah ujian dari Allah SWT. Pengakuan manusia sebagai mu’min membuat Allah SWT akan menguji sejauhmana kualitas imannya. Hal ini karena belum tentu orang yang mengaku beriman kepada Allah SWT secara otomatis diakui keimanannya, Allah berfirman:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُوْلُ ءَامَنَّا بِاللهِ وَبِالْيَوْمِ اْلأَخِرِوَمَاهُمْ بِمُؤْمِنِيْنَ.

Diantara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir”, padahal mereka bukanlah orang-orang yang beriman (QS 2:8).

Kepastian adanya ujian dari Allah SWT ditegaskan juga di dalam firman-Nya:

أَحَسِبَ النَّاسُ اَنْ يُتْرَكُواْ اَنْ يَقُوْلُوْا ءَامَنَّاوَهُمْ لاَيُفْتَنُوْنَ. وَلَقَدْ فَتَنَّاالَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللهُ الَّذِيْنَ صَدَقُوْا وَلَيَعْلَمَنَّ الكَاذِبِيْنَ.

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “kami beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?. Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta (QS 29:2-3).

Meskipun demikian, satu hal yang harus disadari bahwa ujian tidak selalu berupa hal-hal yang menyakitkan dan menyengsarakan atau menyedihkan, tapi ujian bisa juga berupa hal-hal yang menyenangkan. Karenanya ketika diuji dengan hal-hal yang menyenangkan, seorang muslim tidak akan lupa diri, sedangkan bila diuji dengan hal-hal yang tidak menyenangkan dia tidak akan putus asa, enak dan tidak enak keduanya adalah ujian, Allah SWT berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّوَالْخَيْرِفِتْنَةً وَإِلَيْنَاتُرْجَعُوْنَ.

Tiap-tiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan (QS 21:35).

Karena ujian ada yang enak dan tidak enak, maka sakit dan kematian merupakan ujian yang harus kita sikapi dengan sebaik-baiknya sehingga dengan demikian kita bisa mengambil hikmah yang sebesar-besarnya untuk peningkatan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Official resmi Pesantren Darul Musthofa Assayaniyah

Follow instagram : @darul_musthofa_assayaniyah

Follow telegram : http://t.me/Darulmusthofaassayaniyah

Blog :
Www.Darulmusthofaassayaniyah.blogspot.com

#akhlak #budipekerti #motivasi #inspirasi #spiritual #qolbu #hati #heart #cinta #love #jiwa #ruhani #psikologi #pikiran #mind #inspiration #motivation #soul #batin #seni #katamutiara #quotation #hijrah #ihsan #majelis #pesantren

Comments

Popular posts from this blog