ـ֓҉ऺـ༻❁༻​  ﷽   ༺❁​༺ـ֓҉ऺـ​

*Sholat Sunnah Malam Lailatul Qadr*

Setiap Ramadhan, pasti ada Lailatul Qadar (malam ditentukannya segala amal). Yang masyhur Lailatul Qadar jatuh di 10 hari terakhir tiap Bulan Ramadhan. Beberapa ulama sudah menuturkan bagaimana cara memprediksi datangnya Lailatul Qadar.

Imam an Nawawi dalam kitab Riyadhus Shalihin, menulis dalam bab Fadhlu Qiyami Lailatil Qadar wa Bayani Arja Layaliha (keutamaan melakukan shalat di malam Lailatul Qadar dan penjelasan tentang malam-malam yang paling diharapkan sebagai Lailatul Qadar). Hadisnya adalah:

‏من قام ليلة القدر ايمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Hadis itu muttafaq alaih, artinya diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Pertanyaannya kemudian, apakah ada tata cara khusus untuk shalat di malam yang diharapkan adalah Lailatul Qadar?

Dalam kitab Khazinatul Asror, karya Syekh Muhammad Haqi an-Nazili, hal 38, disebutkan tentang kaifiyah shalat Lailatul Qadar dengan menyebut hadis riwayat Ibn Abbas yang berbunyi:

‏عن ابن عباس عن النبي عليه الصلاة والسلام. انه قال: من صلى في ليلة القدر ركعتين، يقرا في كل ركعة بفاتحة الكتاب مرة والاخلاص سبع مرات

‏فاذا سلم يقول استغفر الله واتوب اليه سبعين مرة فلا يقوم من مقامه حتى يغفر الله له ولابويه ويبعث الله تعالى ملائكة الى الجنان يغرسون له الاشجار ويبنون القصور ويجرون الانهار ولا يخرج من الدنيا حتي يرى ذلك كله.

Hadist tersebut juga tercantum dalam kitab Durratun Nashihin halaman 272. Syekh An Nazili menyebutkan bahwa kaifiyah itu juga ada dalam Ihya Ulumu ad Diin hal 204 juz 1. Syekh An-Nazili juga mengutip pendapat Imam Abul Laits bahwa paling sedikit shalat Lailatul Qadar itu dua rakaat.

Namun, dalam keterangan kitab Ihya’ Ulumu ad Diin, tidak secara eksplisit menerangkan tentang shalat secara khusus untuk mendapatkan Lailatul Qadar. Kami belum menemukan status hadis tersebut. Namun sekalipun dhaif mengamalkannya boleh untuk fadhailul a’mal atau keutamaan amal.

Imam an Nawawi dalam Riyadhus Shalihin, bab al Fadhail (keutamaan-keutamaan) memasukkan hadis riwayat ibunda Aisyah yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW tidak melakukan shalat (sunnah) dalam Ramadan dan di luar Ramadan lebih dari 11 rakaat dalam bab “Fadhl Qiyamil Lail”, dan memasukkan hadis man qoma ramadhana dlm bab “Istihbabu Qiyami Ramadhan wahuwa at-Tarawih”.

Artinya menurut Imam an Nawawi 11 rakaat itu adalah shalat malam (qiyamul lail). Di akhir hadis itu ada kata witir, maka tak salah jika difahami bahwa ini adalah anjuran shalat witir.

‏في الفتاوى الكبرى سئل العلامة ابن حجر الهيتمي المكي الشافعي المتوفي سنة 973هـ عن هذه الصلاة التي كان بعض المصلين يصلونها في آخر جمعة من رمضان ويسمونها صلاة البراءة.

‏هل تصح جماعة

فأجاب: وأما صلاة البراءة فإن اعتقد أنها تكفر ما وقع في جملة السنة من تهاون في صلاتها فهي محرمة شديدة التحريم. يجب منعهم منها لأنه يحرم إعادة الصلاة بعد خروج وقتها ولو في جماعة وكذا في وقتها بلا جماعة ولا سبب يقتضي ذلك.

‏ومنها أن ذلك صار سببا لتهاون العامة في أداء الفرائض لاعتقادهم أن قضاءهم على تلك الكيفية يكفي عنهم ذلك.اه

‏وقال الشيخ العلامة عبد الحي اللكنوي: “حديث من قضى صلوات من الفرائض في آخر جمعة من رمضان كان ذلك جابراً لكل صلاة فائتة من عمره إلى سبعين سنة”.

‏قال علي القاري في موضوعاته الصغرى والكبرى باطل قطعيا، لأنه مناقض للإجماع على أن شيئا من العبادات لايقوم مقام فائتة سنوات، ثم لا عبرة بنقل صاحب النهاية ولا بقية شراح الهداية لأنهم ليسوا من المحدثين ولا أسندوا الحديث إلى أحد المخرجين، انتهى” الآثار المرفوعة في الأخبار الموضوعة ص 85

Sabda Nabi, di turunkanya Malam Lailatul Qodar tanda-tandanya adalah di malam-malam ganjil di sepuluh terakhir bulan ramadhan, yakni tanggal 21,23,25,27, dan 29. Oleh karena itu mari kita muraqabah malam lailatul qadr, ikut para ulama salafus sholih dengn shalat Lailatul Qadar:

*Cara pertama*

اصلي سنة ليلة القدر ركعتين مستقبل القبلة اماما/ماءموما لله تعالى.

Usholli sunnatan lailatul qodri rok'ataini mustaqbilal qiblati imaaman/makmuuman lillaahi ta'alaa

Atau niat sholat Mutlaq sebagai berikut:

أُصَلّيْ سُنَّةَ المُطْلَقِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّه تعالَى

Shalat 2 rokaat

1. Rakaat Pertama, habis surat al fatihah 1x,  lanjut membaca surat Al ikhlas 7 kali

2. Rakaat kedua,  setelah membaca surat al fatihah, lanjut  membaca surat  Al qodar 7 kali

3. Setelah selesai shalat, bacalah istighfar sebanyak 70 kali bacaan istighfarnya:

استغفر الله العظيم واتوب اليه

Astghfirullahal adhiim wa atuubu ilaih.

*Cara kedua*

Shalat lailatul Qadar dapat dilaksanakan empat rakaat dan dapat dilaksanakan setelah shalat isya atau shalat tarawih, namun shalat ini lebih afdhol jika dikerjakan di sepertiga malam seperti halnya salat tahajud.

Adapun tata cara melaksanakan shalat Lailatul Qadr (cara kedua) dijabarkan dalam penjelasan berikut ini:

1. Membaca niat

Dalam melakukan suatu ibadah termasuk melaksanakan shalat lailatul Qadar, kita wajib membaca niat dalam hati dan meyakinkan diri bahwa shalat yang dilaksanakan tersebut adalah shalat sunnah lailatul Qadar. Adapun niat shalat lailatul Qadar adalah sebagai berikut.

اصلي سنة ليلة القدر أربع ركعات لله تعالى

“Ushalli Sunnata lailatil Qadri Arba’arakaatin Lillahi Ta’aalaa”

2. Takbiratul ikhram

Sama seperti shalat lainnya, shalat lailatul qadar dimulai dengan melakukan gerakan takbiratul ikram dgn membaca kalimat takbir yaitu

"الله اكبر"

3. Membaca surat Al fatihan dan surat pendek

Membaca surat Alfatihah pada rakaat 1 hingga rakaat keempat dan kemudian membaca surat At Takasur, Al Qadr, al ikhlas berturut-turut sebanyak tiga kali atau bisa juga membaca surat lain semampunya.

4. Tidak ada tahiyat Awal

Sedikit berbeda dengan pelaksanaan shalat wajib yang memiliki jumlah rakaat yang sama yakni empat rakaat, pada shalat lailatul Qadar jika telah sampai pada rakaat kedua maka tidak perlu duduk tahiyat melainkan langsung bangun dan melanjutkan rakaat ketiga.

5. Tahiyat akhir pada rakaat keempat

Saat sampai pada rakaat keempat maka duduklah dan bacalah doa tahiyat yang sama dgn doa tahiyat pada shalat wajib. Setelah selesai membaca doa tahiyat akhir maka yang selanjutnya adalah melakukan salam.

6. Berzikir dan membaca doa

Setelah selesai melaksanakan shalat Lailatul Qadr dan menyempurnakan rakaatnya maka berzikir dan berdoalah kepada Allah dengan memohon ampun dan ridho dari Allah SWT.

Seperti halnya ibadah lainnya, shalat lailatul qadar juga sarat akan keutamaan dan fadhilah. Orang yang melaksanakan shalat lailatul Qadar akan mendapatkan beberapa keistimewaan atau keutamaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan berkah dari Allah SWT

Orang yang beribadah di malam lailatul qadar dan melaksanakan shalat lailatul Qadar maka ia akan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat ad Dukhon.

2. Diampuni dosa-dosanya

Siapapun diantara umat Islam yang melaksanakan shalat lailatul Qadar di malam yang mulia tersebut dan ia memohon ampun kepada Allah SWT maka akan diampuni dosanya sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari, "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).

3. Dilimpahkan pahala

Shalat lailatul Qadar yang dilaksanakan pada malam bulan Ramadhan terutama di 10 malam terakhir akan medapatkan pahala dari Allah SWT apalagi jika benar malam dilakukannya shalat adalah malam Lailatul Qadar, maka ia akan dilimpahi pahala yang sangat melimpah dari Allah SWT.

Shalat lailatul Qadar dapat dilaksanakan setiap malam bulan Ramadhan dan shalat tersebut memiliki keutamaan-keutamaan yanh seharusnya tidak dilewatkan oleh umat muslim. Selain melaksanakan puasa Ramadhan di bulan Ramadhan, ada baiknya jika kita menambah ibadah seperti membaca Alqur’an dan lainnya.

Semoga kita senantiasa diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk menjumpai bulan Ramadhan dan malam lailatul Qadar. Amin...

Official resmi Pesantren Darul Musthofa Assayaniyah

Follow instagram : @darul_musthofa_assayaniyah

Follow telegram : http://t.me/Darulmusthofaassayaniyah

Blog :
Www.Darulmusthofaassayaniyah.blogspot.com

Youtube channel : https://www.youtube.com/channel/UCI8iXyLYjN2zLBHWhxOGVCg

#akhlak #budipekerti #motivasi #inspirasi #spiritual #qolbu #hati #heart #cinta #love #jiwa #ruhani #psikologi #pikiran #mind #inspiration #motivation #soul #batin #seni #katamutiara #quotation #hijrah #ihsan #majelis #pesantren

Comments

Popular posts from this blog