ـ֓҉ऺـ༻❁༻​  ﷽   ༺❁​༺ـ֓҉ऺـ​

*Semua Makhluk Dicipta Berpasangan*

Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan. Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (al-Ra’d: 3)

Yang dimaksud berpasang-pasangan, ialah jantan dan betina, pahit dan manis, putih dan hitam, besar kecil dan sebagainya.

“wa min kull al-tsamarat ja’al fiha zawjain itsnain”. Semua buah-buahan dicipta berpasanga. “yughsyi al-lail al-nahar”. Malam menutupi siang. Ketika Tuhan membicarakan pasangan buah-buahan dinyatakan dengan bahasa tegas meminjam bahasa perjodohan manusia, “zawjain itsnain”. Tapi saat membicarakan pasangan waktu malam dan sing dipakai kata “yughdyi” yang artinya menutupi, mencampuri, memasuki. Mirip dengan ideom “ taghasy-sya” yang artinya “menyetubuhi”, seperti pemberitaan Tuhan tentang senggama Adam dan Hawwa’ (al-A’raf:189).

Semua yang difirmankan Tuhan pasti benar dan terkait hal di atas, kira-kira arahnya begini, bahwa cara dan praktik berpasangan antara buah-buahan (al-tsamarat) dan waktu (al-lail al-nahar) itu berbeda. Maka, ilmuwan yang hendak memahami atau meneliti praktik berpasangan keduanya harus hati-hati. Untuk tsamarat, kiranya ilmuwan biologi, ilmuwan tanaman adalah ahlinya. Dari membedakan jenis sel maupun kelaminnya. Bisa jadi pasangan sel itu ada dalam satu batang pohon, sehingga tidak perlu dikawinkan dengan milik pohon lain sudah bisa menghasilkan buah.

Namun yang umum dan sudah diketahui oleh para petani ortodok sejak zaman dulu adalah pohon korma. Tradisi petani pra Islam mengawinkan kepala putik dengan benang sari, sehingga menghasilkan buah korma yang bagus. Itu sunnatullah yang berlaku di dunia pertanian. Diriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW pernah lewat di sebuah perkebunan dan melihat petani kormamengawinkan bunga jantan dengan bunga betina. Rasul menyindir, tak usah dikawinkan, toh ada Tuhan yangMahakuasa dan petani itu menurut.

Saat musin panen tiba, ternyata setoran zakat korma dari para petani menurun drastis. Rasulullah SAW terkejut dan bertanya “mengapa?”. Diberitahukan, bahwa hal itu karena para petani menuruti anjuran nabi, “tidak usah mengawinkan korma”. Nabi merunduk dan mengakui kekurangannya, lalu mengoreksi diri: ”soal tehnik keduniawian, kalian lebih mengerti daripada saya”. Kemudian, mereka mengawinkan lagi dan hasilnya berlimpah seperti biasanya. Apakah berpasangannya siang dan malam sama seperti buah? Apa hikmah yang biasa diambil dari hadis di atas?

Berpasangannya waktu, siang dan malam tentu tidak demikian dan ilmuwan bidang ini adalah ahlinya. Kata “yughsyi” dalam ayat studi di atas lebih pada kerja intervensi radikal dan penggantian kondisi lama dengan kondisi baru. Waktu malam datang menghapus semua elemen-elemen siang, sehingga suasana berubah menjadi malam yang relatif lebih gelap. Begitu halnya bila waktu siang tiba, maka semua elemen malam sirna dan tergantikan dengan elemen siang. Saat al-Qur’an turun, listrik belum ditemukan, apakah listrik juga berpasangan?. Ya, ada arus plus dan ada minus, dipadukan dan menghasilkan energi.

Bila Hadis di atas benar, maka hikmahnya adalah,: Pertama, nabi itu manusia biasa yang bisa salah. Tapi tidak pernah terus menerus dalam kesalahan. Kesalahan yang dilakukan nabi pasti segera direvisi dan dibetulkan, sehingga hukum akhir yang dijadikan pedoman adalah hasil revisi. Itulah wahyu, sedangkan apa yang dilakukan nabi sebelumnya adalah proses menuju kebenaran.

Kedua, memberi tuntunan bahwa sehebat apapun manusia, tidaklah mesti lengkap dan bisa semua. Ada keunggulan di bidang tertentu, tapi lemah di bidang lain. Maka, tak ada alasan untuk merendahkan orang lain.

Ketiga, jika seseorang melakukan kesalahan, maka jangan malu-malu mengoreksi diri dan membetulkan sebagaimana mestinya.

Official resmi Pesantren Darul Musthofa Assayaniyah

Follow instagram : @darul_musthofa_assayaniyah

Follow telegram : http://t.me/Darulmusthofaassayaniyah

Blog :
Www.Darulmusthofaassayaniyah.blogspot.com

#akhlak #budipekerti #motivasi #inspirasi #spiritual #qolbu #hati #heart #cinta #love #jiwa #ruhani #psikologi #pikiran #mind #inspiration #motivation #soul #batin #seni #katamutiara #quotation #hijrah #ihsan #majelis #pesantren

Comments

Popular posts from this blog